Permainan Tradisional
Uncategorized 0 Comments

5 Permainan Tradisional Yang Masih Suka Dimainkan Anak Kekinian

Indonesia yang kaya akan perlbagai kebudayaaan dan alamnnya pastinya menyimpan banyak keunikan tersendiri. Salah satunya ialah tentang macam-macam permainan tradisional yang didapatkannya dari negara penjajah atau bahkan memang sudah sejak lama ada dan dikenal penduduk setempat. Banyak permainan tradisional yang dulunya sangat populer, tetapi kini sayangnya hanya menjadi kenangan. Berikut 5 Permainan Tradisional Yang Masih Suka Dimainkan Anak Kekinian. Contoh permainan tradisional yang paling sering kita mainkan dulu adalah petak umpet, kelereng, layangan dan masih banyak lagi lainnya. Tentunya anda pernah bermain pada salah satunya bukan?

Menurut situsĀ Judi Bola beragam permainan tradisional tersebut banyak digemari untuk dimainkan karena dulu belum secanggih saat ini. Anak zaman dahulu belum mengenal yang Namanya gadget untuk dipakai bermain. Namun masih ada beberapa permainan yang masih sering dimainkan anak zaman sekarang lhoo.. Untuk mengingat masa kejayaan permainan tradisioanal tersebut kami disini akan memberikan 5 permainan tradisional yang masih sering dimainkan oleh anak kekinian, mari kita simak:

  1. Permainan Tradisional Petak Umpet

Petak umpet adalah permainan yang dilakukan oleh suatu kelompok orang, semakin banyak akan semakin seru untuk dimainkan. Cara bermainnya sangat mudah, salah satu orang yang menjadi penjaga akan mencari teman-temannya yang bersembunyi. Permainan dimulai dengan penjaga yang menjaga harus menutup matanya lalu menghitung dari satu sampai seratus. Orang-orang yang lainnya harus bersembunyi agar tidak ditemukan sang penjaga. Saat penjaga mencari sebisa mungkin yang bersembunyi segera lari menuju tempat penjaga menghitung tadi, dan berteriak dengan kata yang disepakati untuk menyelamatkan diri, misalnya inglo, hong dan lain lain. Jika sudah ada yang teriak inglo, maka orang tersebut menjadi pemenang dan telah berhasil menyelamatkan diri sedangkan penjaga harus tetap mencari orang-orang lain yang masih belum ditemukan. Hingga jika sudah menemukannya, yang ditemukan akan mengantikan nya menjadi penjaga.

  1. Permainan Tradisional Bola Bekel

Permainan tradisional lainnya adalah bola bekel. Ini permainan yang sangat digemari dan paling ramai untuk dimainkan. Permainan yang seru ini membutuhkan keahlian dan harus dicoba beberapa kali agar bisa bermain, karena permainan ini tidak semudah yang dibayangkan. Permainan ini juga bisa anda mainkan Bersama teman teman anda.

Ada beberapa benda yang perlu disiapkan untuk memainkannya, yang pertama bola bekel yang bentuknya bola kecil yang bisa memantul dengan baik. Dan ada enam biji yang disebut bekel. Permainan ini ada beberapa step, mulai dari step mengambil satu biji bekel sampai enam bekel. Dilanjutkan dengan membalik biji bekel menjadi pit, peng dan roh yang dimainkan dengan memulai lagi dengan mengambil satu biji sampai ke enam biji. Jika sudah selesai semua stepnya, maka yang berhasil menyelesaikan semua step terlebih dahulu akan dijadikan sebagai pemenang.

Permainan Tradisional

Permainan Tradisional

  1. Permainan Tradisional Gundu atau Kelereng

Permainan ketiga yakni bernama gundu/kelereng. Gundu merupakan bola kelereng yang bentuknya seperti kaca bening dan biasanya yang memainkan ini adalah anak laki-laki. Permainan ini juga masih dimainkan anak zaman kini yang bisa anda temukan pada kampung kampung dan perumahan. Karena mungkin agak sulit menemukan permainan ini sekarang. Untuk memainkan permainan ini sebenarnya cukup mudah, karena hanya dengan menyentil kelereng yang kita punya dan berusaha untuk harus mengenai kelereng lawan. Jika kena maka kelereng/gundu lawan yang kena dengan gundu kita akan menjadi milik kita. Permainan ini bisa dilakukan dengan banyak orang sekaligus dalam satu permainan. Biasanya jika sudah jago dalam permainan ini kita akan bisa mendapatkan banyak gundu dalam permainan.

  1. Permainan Tradisional Lompat Tali

Permainan yang keempat adalah lompat tali. Lompat tali ini bisa menggunakan gelang karet yang dibentuk menjadi rangkaian Panjang yang cukup. Kita bisa membuat tali sendiri dengan karet, caranya menyambungkan satu persatu karet hingga panjang dan setelah itu diikat ujungnya dan karet tersebut bisa kita gunakan untuk memainkan lompat tali. Permainan ini bisa dilakukan dengan minimal 3 orang. Ada dua orang yang memegang tali dan yang lain akan menjadi pelompat tali.

Tapi jika peserta kurang dari 3 orang, anda bisa bermain dengan mengikatkan tali dengan pohon atau apapun yang bisa untuk memegang tali ataupun karet. Untuk bermain, anda hanya perlu melompati tali dimulai dari yang pendek hingga sampai tingkat yang tinggi. Jika tidak bisa melompat maka kita harus menunggu giliran terakhir dan mengulang lompatan dari awal, atau yang tidak bisa harus menunggu giliran dan menjadi pemegang tali.

  1. Permainan Tradisional Layangan

Berikutnya permainan layangan yang merupakan salah satu dari permainan tradisional dan masih ada sampai saat ini bahkan di bali sering dimainkan pada sore hari dengan berbagai ukuran bagaikan festival layang layang. Layangan dibuat dari kertas dan bambu atau kayu kecil yang dibentuk dengan berbagai bentuk, dan tengah ujungnya diikatkan tali lalu diterbangkan keudara. Permainan yang biasanya dimainkan dengan mengadu layangan dengan layangan lawan, jika layangan lawan putus maka lawan kalah, atau hanya dengan menerbangkannya tinggi saja.. Sekarang juga terdapat banyak modifikasi pada layang layang seperti memberi ekor yang Panjang pada layang layang atau dengan memperbesar ukurannya yang bahkan hingga setinggi ukuran orang dewasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *